LIterature Review: Asi Ekslusif

Pemberian ASI Eksklusif: Peran-Pengetahuan Suami-dan-Nakes

LIterature Review: Asi Ekslusif

Review artikel: Asi Ekslusif

Judul Penelitian: Pengetahuan, Dukungan Suami, Dan Peran Tenaga Kesehatan Terhadap Pemberian Asi Eksklusif (Hasibuan et al, 2023)

SUMBER : https://ejurnal2.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/bmi/article/view/164

LATAR BELAKANG
Berdasarkan data Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara tahun 2018, dari 147.436 bayi yang berusia di bawah 6 bulan, hanya 51.392 (34,86%) yang menerima ASI eksklusif, yang masih di bawah target nasional sebesar 55%. Para peneliti bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pemberian ASI eksklusif.

ULASAN LITERATUR :

METODELOGI
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan potong lintang. Setiap variabel diukur menggunakan skala Guttman. Data dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner yang telah divalidasi dan memiliki reliabilitas. Analisis univariat dilakukan untuk menentukan distribusi, diikuti dengan analisis bivariat menggunakan uji chi-square..

TEMUAN DAN DISKUSI:
Penelitian ini menemukan adanya hubungan yang signifikan antara pemberian ASI eksklusif dengan pengetahuan ibu (p=0,014), dukungan suami (p=0,023), dan keterlibatan tenaga kesehatan (p=0,012). Namun, tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara status pekerjaan (p=0,722) dengan pemberian ASI eksklusif.

PERSPEKTIF PENULIS
Bagi peneliti yang tertarik dalam penelitian tentang ASI eksklusif, studi yang disebutkan di atas dapat menjadi tinjauan teoretis atau dasar untuk investigasi di masa depan. Kami menyarankan eksplorasi lebih lanjut terkait topik seperti intervensi untuk meningkatkan pengetahuan ibu atau dukungan suami. Selain itu, penelitian mengenai hubungan antara status pekerjaan dan pemberian ASI eksklusif di lokasi yang berbeda juga dapat bernilai.

Disclaimer on:
Penulis menyediakan ulasan singkat berdasarkan abstrak dan artikel yang sedang ditinjau. Namun, kesimpulan yang diambil memiliki keterbatasan. Untuk pemahaman yang lebih komprehensif tentang penelitian ini, kami mendorong membaca artikel lengkapdi sumber yang telah disebutkan sebelumnya.

No Comments

Post A Comment