7 Langkah cara membuat literatur review

literetur revieu

7 Langkah cara membuat literatur review

Sobat peneliti, artikel kali ini akan membahas tentang langkah-langkah cara membuat literatur review/ studi pustaka menurut Cresswell (2017). Poin yang paling penting adalah menyusun literatur review harus sesuai dengan topik penelitian yang kita ambil. Membuat literatur review sebenarnya mempunyai manfaat bagi penelitian. Yaitu: pertama, dapat membantu peneliti menentukan apakah topik yang akan kita teliti layak untuk dilanjutkan. Kedua, dengan literatur review dapat memberikan batasan pada sobat riseter tentang ruang lingkup area penelitian yang dilakukan.

Berikut 7 langkah langkah cara membuat literatur revieu (Cresswell (2017):

1. Mulai dengan menentukan kata kunci yang tepat dari topik yang akan diteliti.
2. Memasukan kata kunci yang kita tentukan untuk mencari judul buku atau jurnal di perpustakaan, database komputer, atau melalui internet seperti (Ebsco, Google scholar, ProQuest, dan lainnya)
3. Coba dapatkan dan kumpulkan minimal 50 literatur jurnal atau buku yang yang berhubungan dengan topik penelitian. Kemudian dikelompokkan berdasarkan prioritas yang paling berhubungan dan terkait dengan topik penelitian yang kita ambil.
4. Dari buku atau jurnal diatas coba sobat riseter pelajari dan pahami apakah ada bab atau literatur yang kiranya berkaitan dan dapat dijadikan kontribusi dalam penelitian

5. Setelah sobat riseter mengidentifikasi literatur yang terkait dan akan digunakan, mulai lakukan maping, kelompokkan dan ilustrasikan kira-kira dimana “posisi” topik penelitian kita dapat berkontribusi dalam literatur yang ditemukan.6. Setelah topik penelitian anda “masuk” dalam maping literatur yang ditemukan, segera dibuat rangkuman dari artikel artikel yang relevan dengan topik penelitian dan dikombinasikan dengan literatur yang sebelumnya ditulis dalam proposal untuk topik penelitian sobat riseter
7. Setelah merangkum literatur, kemudian susun literatur review dengan di awali berdasarkan: konsep atau topik yang penting, konsep umum dan diakhiri dengan saran bagaimana studi/penelitian anda dapat menambah atau menutup kesenjangan dan kekurangan dari topik literatur yang dirangkum tersebut.

Diatas merupakan langkah-langkah yang direkomendasikan Cresswell. Bagaimana cukup mudah kan?,  Silahkan subcribe website ini untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya.

Artikel terkait: Memilih strategi penelitian

1 Comment

Post A Comment